Strategi yang dilakukan untuk menyederhanakan bentuk produk kerajinan adalah

Strategi yang Dilakukan untuk Menyederhanakan Bentuk Produk

Strategi yang dilakukan untuk menyederhanakan bentuk produk kerajinan adalah dengan mengurangi bentuk yang dirasa berlebihan dan menambah wujud apabila dirasa kurang menarik. Agar semakin paham langsung saja baca artikel ini sampai selesai.

Strategi yang Dilakukan untuk Menyederhanakan Bentuk Produk

Berbicara mengenai kerajinan berbasis media campuran, menurutĀ  gokemedia.com bahwa Kerajinan adalah sebuah kegemaran yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan tertentu untuk menciptakan suatu karya seni.

Sedangkan orang yang bekerja dalam bidang ini disebut pengrajin.

Sementara kerajinan berbasis media campuran yaitu kegiatan memadukan bahan utama tertentu dengan tambahan untuk menghasilkan produk yang lebih menarik tanpa menghilangkan fungsi aslinya.

Dalam kerajinan berbasis media campuran ini terdapat beberapa prinsip salah satunya yaitu bahan yang dipakai harus lebih dari satu bisa dua atau tiga sesuai dengan rancangan kebutuhan dari produk.

Proses Pembuatan Kerajinan Berbasis Media Campuran

Dalam proses pembuatan kerajinan berbasis media campuran terdapat istilah stilasi yaitu strategi perubahan yang dilakukan seseorang dengan cara menyederhanakan bentuk dari produk tersebut.

Kegiatan penyederhanaan tersebut dapat dimulai dengan mengurangi bentuk yang dianggap berlebihan atau menambahkannya jika dirasa kurang menarik.

Dengan begitu diharapkan nantinya produk yang dihasilkan akan lebih artistik.

Itulah salah satu strategi yang dilakukan untuk menyederhanakan bentuk produk kerajinan adalah dengan menambah dan mengurangi wujud yang dirasa kurang menarik atau orang sering menyebutnya dengan stilisasi.

Merubah Bentuk Produk Kerajinan Berbasis Media Campuran

Selain menggunakan strategi stilasi, menyederhanakan bentuk produk kerajinan dapat dilakukan dengan cara merubah bentuknya menjadi permanen atau sering disebut dengan deformasi.

Namun dalam kegiatan deformasi harus diimbangi dengan pengetahuan terhadap objek atau produk aslinya.

Hal itu bertujuan agar perubahan terlihat lebih maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Contohnya sebuah kerajinan yang terbuat dari kayu, walaupun tidak terlalu jelas paduan bahan yang digunakan, namun faktanya kursi memiliki campuran bahan lain yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga tidak terlalu kelihatan.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan untuk menyederhanakan bentuk produk kerajinan adalah dengan menambah atau mengurangi wujud yang dirasa kurang menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *