Urutan Membangun Rumah

Urutan Membangun Rumah

Banyak orang ingin memiliki rumah dengan desain sesuai keinginan mereka. Hal ini tentunya sulit didapatkan apabila membeli rumah secara KPR maupun kontan karena desain rumah sudah ditetapkan. Maka solusinya adalah dengan membangun sendiri rumah impian tersebut.

Membangun Rumah Impian

Ada sebuah kelebihan khusus jika seseorang membangun rumah mereka sendiri, yaitu hasilnya akan sesuai dengan selera dan tidak akan berujung kekecewaan. Maka dari itu mereka akan merasa nyaman saat menghuni rumah tersebut. Berikut ini urutan dalam membangun rumah:

Urutan Membangun Rumah

  • Tahapan Awal

Pada langkah awal, rencana menjadi sebuah hal sangat penting agar proses pembangunan berjalan dengan baik. Semakin matang rencana maka semakin memuaskan juga hasilnya. Dalam proses perencanaan harus memuat anggaran biaya, posisi bangunan, desain, serta material untuk bangunan

Di tahap awal ini sebaiknya dilakukan riset mengenai desain, pemilihan material ekonomis dan berkualitas, hingga proses pembangunan. Pembaca dapat menemukan berbagai tips detail pembangunan rumah pada situs https://plafon.id untuk mendapat informasi bermanfaat.

  • Struktur Bangunan dan Dinding

Setelah semua perencanaan matang, langkah berikutnya adalah dengan pemasangan pondasi dari batu kali dan membuat lantai kerja dengan ketebalan tertentu. Kemudian struktur bangunan harus dibuat dengan memasang balok beton bertulang mendatar yang dibuat di atas pondasi.

Pemasangan dinding dilakukan setelah pondasi dan struktur bangunan siap. Dinding akan dibuat dari bata atau batako dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan. Batako kemudian diberi plesteran semen dengan volume dua kali lipat dari volume pemasangan batu bata.

  • Pemasangan Kusen dan Rangka Atap

Apabila dinding sudah jadi, maka beri ruang untuk rancangan kusen, pintu, dan jendela. Proses pemasangan harus bersamaan dengan pemasangan kunci dan handle pengait. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan dan perlu memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Setelah itu langkah berikutnya adalah memasang rangka atap. Bahan yang bisa digunakan untuk rangka atap adalah baja atau kayu sesuai dengan anggaran biaya. Selain itu perlu diperhatikan beberapa aksesoris yang sekiranya akan dibutuhkan dalam pemasangan atap.

  • Listrik dan Kelengkapan Lain

Proses berikutnya adalah memasang saluran air dan kran yang dilanjutkan dengan pemasangan wastafel, kamar mandi, toilet, dan berbagai hal lain yang membutuhkan air. Setelah itu mulai pasang instalasi listrik, stop kontak, meletakkan lampu, dan menyambungkan listrik ke setiap ruangan.

Apabila semua tahap di atas sudah selesai, maka selanjutnya adalah proses finishing. Proses ini merupakan penyempurnaan dari berbagai tahap sebelumnya dengan melapisi cat interior, kusen, hingga melakukan cat eksterior dinding rumah hingga jendela.

Nah, itu dia beberapa urutan dalam membangun sebuah rumah. Jangan lupa untuk memasang pagar dan garasi untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman. Selain itu bersihkan rumah secara berkala untuk semakin membuat rumah terasa menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *